#110 Rumah Cokelat

Judul : Rumah Cokelat

Penulis : Sitta Karina

Halaman : 226

Penerbit : Buah Hati

Menjadi wanita karier sekaligus ibu selalu menjadi dilema. Apalagi jika anak yang ditinggalkan di rumah justru lebih dekat kepada pengasuhnya dibandingkan pada ibunya. Hal ini dialami Hannah, ketika mendapati anaknya mengucapkan “Razsya sayang Mbak Upik” dalam tidurnya. Padahal Hannah dan Wigra suaminya telah berusaha meluangkan waktu untuk bisa dekat dengan anak semata wayang mereka. Hannah merasa terbebani ketika tumbuh kembang anaknya justru lebih banyak diketahui oleh Upik, pengasuh Razsya. Apalagi ketika dia mengetahui bahwa anaknya sangat dimanjakan oleh ibunya, Eyang Yanni. Hannah kelimpungan. Selama ini dia berusaha menerapkan pola disiplin untuk anaknya, tetapi eyangnya malah membuat Razsya melanggar aturan ibunya.

Akhirnya perlahan Hannah mulai mendekati anaknya kembali. Tidak mudah bagi Hannah. Untungnya suaminya yang kalem tapi bijaksana selalu punya cara untuk meredamkan hati dan kepala Hannah yang panas. Puncaknya ketika Hannah memutuskan untuk berhenti bekerja kantoran demi anaknya. hari-hari menjadi fulltime mommy dilalui Hannah dengan ketegangan.

Kisah momlit ini dipenuhi dengan berbagai pilihan. Memilih menjadi ibu rumah tangga, memilih menghindari permasalahan keluarga, memilih jalan keluar. Salah satu contoh adalah ketika Hannah memilih menjadi “wanita rumahan”, ternyata dia tetap dihadapkan pada masalah perhatiannya disita penuh oleh anaknya, sehingga dia tidak bisa bekerja sambilan.  Bahkan untuk melakukan me-time pun terasa sulit.

Rumah Cokelat ini menarik untuk dibaca oleh para ibu. Hanya saja, walaupun ada begitu banyak konflik yang dihadapi Hannah, kisah ini cenderung datar dan bisa ditebak akhirnya. Tapi, saya suka dengan banyak quote (terutama dari Wigra) di dalam buku ini. Salah satunya adalah berikut ini.

Funny things do happen in life. So let’s dance in the rain too. Instead of just surviving the storm

Well, tiga bintang untuk Hannah dan Wigra

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s