#128 123 Anti Bego

Judul : 123 Anti Bego

Penulis : @alienstartrek (Arief Ash Shiddiq)

Halaman : 136 (buku 1) & 112 (buku 2)

Penerbit : PlotPoint

Mungkin ada di antara kamu yang baru pertama kali mendengar tentang penerbit Plot Point. Sama dong dengan saya… Begitu ada kabar dapat buntelan buku PlotPoint, saya langsung mencari tahu mengenai penerbit ini. Dan pencarian saya sampai ke sini. Ternyata, PlotPoint adalah sebuah workshop yang menyediakan beberapa kelas pelatihan, salah satunya adalah pelatihan menulis kreatif. Workshop ini berdiri tahun 2009, dan pada tahun 2012 lahirlah PlotPoint Publishing. Salah satu buku yang diterbitkan adalah serial 123 Anti Bego yang ditulis oleh @alienstartrek.

123 Anti Bego (katanya) berisi 123 buah tips yang lucu dan praktis (di setiap bukunya). Tapi setelah saya baca, ga semuanya berupa tips. Kadang berupa informasi yang setelah saya baca saya jadi berpikir, “kok saya ga tahu ya?”. Yang menarik adalah, buku ini tidak harus dibaca runtut dari depan ke belakang. Terserah mau baca dari nomor yang mana dulu. Di setiap tips ada checkbox berisi angka 1 sampai 5, yang diperuntukkan untuk mengukur tingkat kepentingan tips tersebut bagi pembaca. Skala 1 untuk penting aja sampai skala 5 untuk penting banget😀 Ohya, bonus bookmark-nya juga keren… Satu buku ada 4 bookmark mini. Selain itu, adanay ilustrasi dan komik dalam buku ini membuat tips-tipsnya tidak membosankan. Yang sudah terbit ada 2 buku dengan cover kreatif berwarna biru. Kenapa kreatif? Pertama, angka 123 sudah eyecatching, ditambah lagi ternyata ada kuis di angka 123 itu.

Mengawali semua tips (atau informasi) dalam buku ini, tips pertama adalah Kalau memang nggak tahu, ngaku. Karena aturan anti bego nomor satu adalah sadar bahwa kita memang bego😀 Lebih parah lagi kalau pura-pura tahu tentang masalah tersebut. Contoh tips yang baru saja saya pelajari setelah membaca buku ini adalah tanda-tanda restoran nggak enak itu kalau pilihan makanannya terlalu banyak atau buka cabang terlalu banyak. Ehm… apa kabar ayam goreng ka-ef-si ya? Hehe…

Di akhir buku ini, ada TTS yang bisa diisi dengan pertanyaan seputar tips yang sudah dibagikan sebelumnya. Kenapa harus ada TTS ya? Perkiraan saya sih untuk mengetahui masih bego gak habis baca buku anti bego ini. Saya sih bisa ngisi TTS-nya tanpa buka buku lagi🙂 Kalau “harus” isi TTS berarti bukunya ga bisa dipinjam dong? Mungkin, karena salah satu langkah pintarmu adalah dengan membeli buku 123 Anti Bego:mrgreen:

Untuk informasi buku-buku PlotPoint lainnya silahkan klik di sini.

*Terima kasih untuk PlotPoint dan mas HTanzil untuk buntelannya🙂

2 thoughts on “#128 123 Anti Bego

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s