Book Kaleidoscope 2012 – Most Favorite Books

book-kaleidoscope-2012-button

Masih sama dengan postingan sebelumnya, kali ini saya akan mengumumkan Top 5 Most Favorite Books yang saya baca selama tahun 2012. Urutannya tidak berdasarkan peringkat ya, soalnya buku-buku ini saya pilih dari beberapa buku dengan rating bintang 5 yang saya baca.

Here they are…

Supernova-4-Partikel

Partikel – Dee

Yang membuat saya menyukai karya Dee yang satu ini adalah karena saya merasa akrab dengan isi novelnya. Kehidupan Zarah (tokoh utama) tidak pernah lepas dari alam. Ajaran ayahnya yang membuat dia terikat dengan alam. Dee sendiri tidak ragu memasukkan nama ilmiah untuk beberapa spesies, mikologi, teori evolusi, teori kekerabatan molekuler, anatomi tubuh manusia, tumbuhan yang menghasilkan metabolit sekunder insektsida dan pupuk hayati, isu konservasi orangutan dan masih banyak lagi. Hampir setiap hari saya berurusan dengan hal-hal berbau biologi. Belum lagi ulasan tentang kehidupan dimensi lain, mulai dari apa dan bagaimana cara mencapai alam itu. Apalagi buku ini dilengkapi dengan ilustrasi beberapa makhluk dimensi lain itu. Kemudian ada penjelasan tentang enteogen (tanaman sakral yang dapat membuat kesadaran seseorang terekspansi). Plus ga ada typo😀

12941351

The Fault In Our Star – John Green

Siapa yang tidak jatuh cinta pada August setelah membaca TFIOS? Yang pasti saya memasukkannya sebagai salah satu dari Top 5 Book Boyfriend 2012. Yang membuat saya menyukai buku ini adalah cara berpikir Hazel dan August yang berbeda, terlihat dari percakapan mereka yang witty. Kisah cinta keduanya pun tidak biasa, tapi romantis menurut saya. Ketika August mulai merasakan The Last Good Day-nya dia malah membuat prefuneral dengan mengundang Isaac dan Hazel membacakan eulogi untuknya. Dan tentu saja eulogi Hazel membuat saya menangis🙂

memori

Memori – Windry Ramadhina

Membaca novel ini membuat saya merasa “penuh”. Novel ini bukan hanya tentang keluarga, pulang ke rumah, menghadapi masa lalu. Tapi yang terdalam adalah tentang kompromi. Merelakan sebagian impian demi orang lain, demi keluarga. Mahoni yang keras kepala, spesifik, dan ambisius berkali-kali harus berkompromi demi impian orang lain. Kompromi dengan keluarganya, kompromi dengan impiannya, bahkan kompromi dengan cintanya. Saya sendiri melihat ada Mahoni dalam diri saya, melakukan kompromi tanpa sadar terhadap beberapa hal dalam kehidupan saya untuk mewujudkan impian orang lain yang saya cintai.

12650887

There You’ll Find Me – Jenny B. Jones

Membaca novel ini di akhir tahun sepertinya memberi kontribusi mengapa saya menyukai buku yang satu ini. Pencarian akan Tuhan yang dilakukan oleh seorang gadis bernama Finley membuat saya merenung kembali akan kebersamaan saya dengan Dia sepanjang tahun 2012. Di samping itu, penggambaran mengenai negeri Irlandia yang bagus di dalam novel ini membuat saya pengen ke sana suatu saat nanti.

SWEET-MISFORTUNE

Sweet Misfortune – Kevin A. Milne

Saya memilih buku ini sebagai buku favorit, karena awalnya saya mengira novel ini tidak akan mendapat bintang 5 dari saya. Saya menduga akan menemukan kebosanan pada tokoh yang tidak bisa melepaskan diri dari masa lalunya. Tapi ketika saya melanjutkan bacaannya saya menemukan diri saya berkali-kali menghapus air mata. Selain dialog segar dan kisah romantis yang tidak cengeng, saya menyukai kutipan-kutipan di setiap awal bab di buku ini.  Setelah saya perhatikan, ternyata kutipan itu adalah isi ramalan dalam kue kemalangan milik Sophie. Sebenarnya bukan ramalan ketidak beruntungan, tapi lebih ke kenyataan kehidupan yang bisa kita jumpai sehari-hari.

Itu buku favorit saya selama 2012. Bagaimana denganmu?

desty2

3 thoughts on “Book Kaleidoscope 2012 – Most Favorite Books

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s