#137 Marriagable (Gue Mau Nikah Asal…)

marriageble

Judul Buku : Marriagable (Gue Mau Nikah Asal…)

Penulis : Riri Sardjono

Halaman : 364

Penerbit : Gagas Media

“Kenapa, sih, gue jadi nggak normal cuma gara-gara belom kawin?!”
Karena elo punya kantong rahim, Darling,” jawab Dina kalem. “Kantong rahim sama kayak susu Ultra. Mereka punya expired date.”
“Yeah,” sahutku sinis. “Sementara sperma kayak wine. Masih berlaku untuk jangka waktu yang lama.”

Tulisan di sampul belakang novel ini saja sudah membuat saya ngakak ketawa. Apalagi isinya ya, pikir saya. Sayangnya novel ini termasuk novel yang langka, dan kayaknya udah ga ada yang jual. Bersyukurlah saya, dari kopdar kemarin saya dapat pinjaman dari Sulis.

Flory, 32 tahun, masih melajang. Umur yang hampir kadaluarsa kalau menurut ibunya. Ketika dia dijodohkan dengan Vadin, Flory jadi bimbang. Di satu sisi, dia menolak segala bentuk perjodohan ala Siti Nurbaya. Di sisi lain, Flory khawatir kali ini adalah kesempatan terakhir yang datang padanya. Lagipula, Vadin tampan dan asyik kalau ngobrol. Dia juga menolak perjodohan, tapi Vadin menyukai Flory yang menurut dia amazing dan bisa membuatnya nyaman.

Flory pun meminta pertimbangan dan pendapat teman-temannya. Dina, yang sudah berkeluarga tapi tetap menganggap dirinya mampu berpoliandri; Kika, si feminis yang tidak percaya laki-laki; Ara, si Cinderella yang masih percaya kekuatan cinta; dan Gerry, pria gay yang cukup bijak dalam memilih Mr. Right. Pertimbangan dari teman-temannya ini membuat Flory tambah bingung karena Dina dan Ara mendukungnya, sementara Kika jelas-jelas menentangnya. Tetapi ketika Ara mengumumkan dia akan menikah, Flora pun menerima lamaran Vadin dengan satu syarat. No have sex.

Vadin setuju, dan dimulailah drama pernikahan tanpa cinta. Tidur pun mereka berpisah kamar. Tapi, bukan hanya itu masalah utama dalam pernikahan mereka, setidaknya menurut Flory. Masalah terbesar adalah seorang Barbie bernama Nadya, yang belakangan Flory tahu dia adalah mantannya Vadin. Flory merasa terintimidasi sama bentuk tubuh Nadya, dan mulai curiga Vadin selingkuh dengan Nadya. Apalagi ketika Vadin dua kali mengajak Nadya ke restoran favoritnya, walaupun dengan alasan bisnis.

Sejak halaman pertama sampai akhir, saya selalu tertawa membaca oborolan bitchy dan cerdas yang diciptakan oleh Riri Sardjono lewat tokoh-tokohnya (meskipun sedikit agak bosan di bagian tengah, di mana Flory melakukan tarik-ulur dengan segala cara demi menguji kesetiaan Vadin). Bahkan, Vadin, si cowok lurus itu bisa membuat saya tertawa.

“Berapa lama probation time-nya?” tanya Vadin putus asa.
“Kenapa?”
“Kalau cukup lama, aku mau tuker tambah penisku sama HP baru aja untuk sementara, ” jawab vadin sebal.
Are you sure?” ejekku sambil berusaha menahan tawa.
“Ya,” jawab vadin acuh. “Kalau mau pipis doang mendingan aku pakai kateter aja.”
Kampret!
Tema yang diangkat dalam novel ini sebenarnya sudah umum, ketakutan tidak menikah yang berubah menjadi ketakutan dalam pernikahan. Dengan berbagai cara pandang terhadap pernikahan yang disampaikan lewat beberapa tokoh di dalamnya, saya salut pada penulisnya karena pada saat dia menulis buku ini statusnya sendiri masih melajang. Tapi saya setuju sama satu hal, bahwa pernikahan itu adalah belajar menjadi terbiasa. Tetapi ada hal lain yang tidak bisa ditawar dalam sebuah pernikahan, yaitu rasa percaya dan komunikasi. Komunikasi yang berbicara, bukan menuduh.
Lima bintang untuk Marriagable.

desty2

12 thoughts on “#137 Marriagable (Gue Mau Nikah Asal…)

  1. Jadi pulang kemarin bawa pinjeman ini ya mba.. kekeke.
    Pasti berat bawaannya😛
    Kayaknya lucu, mirip2 karya Christian Simamora ya? Tapi lebih banyak humor kocaknya.. kayaknya *sotoy*

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s