Festival Penulis dan Pembaca di Indonesia

Ternyata bukan hanya film yang punya festival tahunan. Perkembangan dunia sastra yang semakin pesat, khususnya di Indonesia, mendorong beberapa orang maupun kelompok non profit untuk membuat event serupa. Ada beberapa festival yang berkaitan dengan sastra yang diadakan rutin setiap tahunnya di Indonesia. Ada yang sudah pernah mengikuti event itu? Kalau belum mari sama-sama kita mengenal empat festival dunia sastra yang rutin diadakan di Indonesia.

1. Ubud Writers & Readers Festival

untitled2

Festival yang biasanya diadakan setiap bulan Oktober di Ubud, Bali merupakan festival skala internasional. Tahun 2013 ini merupakan perayaan 10 year anniversary. Dengan mengangkat tema-tema tertentu setiap tahunnya, penulis dan pembaca dari luar negeri maupun dalam negeri berkumpul di Ubud. Adalah  Janet de Neefe, seorang penulis dan pengusaha restoran asal Australia yang telah tinggal selama 27 tahun di Bali yang menggagas event ini pada tahun 2003.

2. Borobudur Writers & Cultural Festival

untitled3

Sedikit berbeda dengan UWRF, festval tahunan yang diadakan di Borobudur, Jawa Tengah ini selain melibatkan penulis juga melibatkan aktivis budaya dan pekerja kreatif. Jadi selain buku, film tentang budaya Indonesia juga diangkat dalam diskusi dalam event ini. Sebagai contoh, tahun 2012 kemarin mengangkat mengenai cerita silat di Nusantara. Pengagas event ini ada 5 orang yaitu Yoke Darmawan, Seno Joko Suyono, Dorothea Rosa, Wicaksono Adi dan Imam Muhtarom. Untuk tahun 2013 belum ada info jadwal penyelenggaraannya.

3. Makassar International Writers Festival

untitled4

MIWF merupakan festival sastra internasional pertama yang ada di Indonesia Timur, yang bertujuan untuk mempromosikan kota Makassar, sebagai pusat budaya dan sastra di Asia dan Dunia. Festival ini pertama kali ini diselenggarakan  pada bulan Juni 2011, bertujuan untuk mempromosikan pertukaran penulis dan untuk memperluas jaringan serta untuk merayakan prestasi sastra dan literasi bersama masyarakat lokal Makassar. MIWF diselenggarakan oleh Rumata’ Artspace, pusat budaya independen pertama yang memfasilitasi berbagai program budaya di kota Makassar. Event ini didukung juga oleh beberapa negara seperti Australia, Hong Kong, Inggris, Singapura, Malaysia dan Amerika Serikat yang antusias terhadap perkembangan sastra di Indonesia bagian timur. Untuk tahun 2013 rencananya MIWF akan diadakan pada tanggal 25-29 Juni.

4. Festival Pembaca Indonesia (Indonesian Readers Festival)

untitled

Festival ini digagas oleh Goodreads Indonesia, sebagai komunitas pembaca aktif di dunia online maupun nyata di Indonesia. Berangkat dari jejaring sosial Goodreads.com, pada tahun 2012 tercatat ada kurang lebih 7000 pembaca Indonesia yang bergabung di sana. Event ini salah satunya bertujuan untuk mejembatani ruang dialog antara penulis dan pembaca di Indonesia. Dalam event ini berbagai komunitas pembaca di Indonesia berkumpul setiap tahun secara rutin di Jakarta. Salah satu agenda tetap dari festival ini adalah Anugerah Pembaca Indonesia yang memilih insan perbukuan dan karya favorit di Indonesia.

Sumber : website UWRF, BWCF, MIWF dan IRF. 

3 thoughts on “Festival Penulis dan Pembaca di Indonesia

  1. saya tertarik untuk m,engikuti berbagai festival tapi cara mendaftarnya bagaimana? saya seorang penulis buku ilmiah populer 13 judul. Buletin bulanan 14 judul. sekarang baru belajar menulis novel

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s