Close Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia

photo1

Masih dalam rangka ulang tahun BBI yang kedua, Divisi Event mengadakan event keren, yaitu Close Up Interview. Jadi anggota BBI mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai salah satu anggota lainnya. Setelah diundi, saya kebagian mewawancari Maya Floria Yasmin. Hwaa…. dulu Maya pernah menjadi Secret Santa saya di tahun 2011, di tahun yang sama di saat saya bergabung di BBI. Entah saya “berjodoh” dengan Maya atau gimana ya…😀

Saya pun mewawancari penggagas “Receh For Books” ini via email. Oon-nya saya, saya cuman minta foto timbunan-nya dia (dasar ordo penimbun, yang diingat timbunaannn aja), dengan pemikiran ntar comot fotonya via sosial media saja. Ternyataaa… saya cuman nemu foto gadis cantik ini di profil Goodreads-nya.😦

4881238

Jadi ini dia hasil wawancara saya dengan Maya…

Maya lahirnya kapan, dari berapa bersaudara, anak ke berapa?

Aku lahir di Banjarmasin tanggal 5 Mei 1993 (bentar lagii *kode), anak kedua, punya satu kakak cowok. Selisih umurku sama kakak lumayan jauh, sekitar 6 tahun. Dia juga suka baca buku terutama majalah sport, tekno, dan teenlit. Aku biasa ngubek-ngubek kamar dia buat minjem buku. Kakakku sih biasanya diem aja kalau bukunya aku ambil, hehe..

Sekarang kesibukan Maya sehari-harinya apa? Sekolah atau kerja?
Kesibukanku sekarang adalah kuliah semester 6 jurusan Psikologi, selain itu juga ada beberapa part time job.
Pertama kali bikin blog buku kapan? Kenapa? Ada yang ajakin atau gimana?

Awalnya, blogku (Dear Readers) bukan blog buku. Aku iseng-iseng aja bikin blog biar nggak ketinggalan zaman, haha, isinya pun seputar kehidupan sehari-hari.. Terus aku liat blog review buku miliknya Huda Tula, disitu aku mulai memposting review buku dan menghapus postingan terdahulu yang tidak berhubungan dengan buku. Eh setelah aku mengubah blogku menjadi blog buku, pengunjungnya tambah banyak.. senang deh, tambah termotivasi buat baca buku terus. Akhirnya aku kenalan sama BBI (lupa kapan persisnya) melalui Goodreads. Nah, kemudian aku nge follow twitternya om htanzil.. dari situ ternyata banyak juga anggota BBI lainnya yang punya twitter.. dari situ lah mulai temenan sama anggota BBI yang lain🙂

Masih ingat ga buku yang pertama kali direview di blog Dear Readers? Gimana rasanya setelah dapat komentar dari pengunjung blog?

Buku pertama yang aku review adalah Hikari No Michi, pada tahun 2010.. Buku ini bercerita tentang muslim yang tinggal di Jepang.

Dapat komentar dari pembaca blogku tentunya bikin aku tambah semangat buat nge-posting lagi.. Saat ini, kalau mau memberi komentar di blog-ku harus menunggu moderasi dulu dari aku.. maksudnya sih biar aku ngeh kalau ada komentar. Soalnya kalau ada yang ngasih komentar di postingan beberapa bulan yang lalu, kan nggak ketahuan kalau nggak di moderasi🙂 Selain itu juga untuk menghindari spam.

Pernah dapat sesuatu dari blog bukumu? Contohnya apa?

Hmm.. dapat sesuatu ya.. salah satunya adalah saat aku ikut #resensipilihan Gramedia.. buku yang aku ikutkan adalah The Time Keeper-Mitch Albom. Aku sukaaa banget buku itu, biasanya kan aku bikin review pendek-pendek, entah kenapa pas buku yang ini aku pengen bikin review yang agak panjang. Terus aku ikutkan #resensipilihan, eh ternyata terpilih.. hihi ^^

Berapa kali dalam sebulan kamu mengupdate review di blog bukumu?

Dalam sebulan, nggak tentu sih.. aku orangnya tergantung mood. Jadi kalau lagi pengen nulis, ya nulis.. kalau nggak, ya paling-paling aku blogwalking aja.. Iri juga sih sama blogger yang rajin banget update blognya.. *kapan ya aku begitu

Punya anggaran khusus untuk membeli buku ga? Berapa/bulan?

Anggaran khusus sih nggak ada, kalau ada buku yang pengen banget dibeli, pasti aku beli. Tapi kalau nggak benar-benar ngebet sama buku tersebut, biasanya aku pending dulu belinya. Kadang-kadang aku catat buku apa aja yang aku pengen.. dicicil belinya, hahaha. Akhir-akhir ini aku sering ke perpustakaan kota buat pinjam buku, soalnya disana nggak denda biarpun telat ngembaliinnya..

Rak bukunya Maya

Rak bukunya Maya

Biasanya beli buku di mana? Online atau offline?

Berhubung aku tinggal di Banjarmasin, aku jarang beli online, soalnya mahal di ongkir kecuali lagi diskon besar-besaran. Itu pun aku bandingkan lagi sama harga disini, kalau selisihnya tipis, mending aku beli disini aja. Untuk buku-buku import, aku suka beli di periplus.

Ada yang pernah mengeluh soal hobby membaca-nya Maya? pacar misalnya… hehe..

Sejauh ini nggak ada yang mengeluh sih, paling-paling ditanyain “apa sih asyiknya membaca?“. Aku paling nggak bisa baca buku kalau lagi ada orang disebelah aku, nggak bisa konsentrasi. Jadi kalau mau baca buku, aku pilih mojok ke kamar biar nggak ada yang gangguin..

Punya blog lain selain blog buku?

Ada, (anakayamciapciap.blogspotcom) isinya seputar kehidupan sehari-hari aku..

Ada harapan tertentu untuk BBI di ulang tahunnya yang kedua?

Harapanku buat BBI, semoga panjang umur, anggotanya tambah banyak, semoga semua kota di Indonesia punya perwakilan BBI, bisa masuk koran/tv, hihi.. BBI lebih sering lagi bikin event.. Happy Birthday BBI!

Sebenarnya masih pengen nanya lagi yang banyaaakk ke Maya. Kamu yang baca juga pasti masih penasaran sama gadis cantik ini… Follow aja twitternya di @myfloya atau kunjungi blognya yang anakayamciapciap itu. Tulisannya keren-keren lho *takjub*

Ohya, saya juga diwawancari sama @asdewi. Feel free to click this link.

20 thoughts on “Close Up Interview Anggota Blogger Buku Indonesia

  1. Jadi makin penasaran baca The Time Keeper *nglirik pinjeman*

    Aku pernah menangin giveaways di blog Maya, dan suka banget dapet tambahan kartuposnya di dalam hadiah ^_^

  2. Terimakasih Mba Desti pujiannya *.* untung dapat fotoku yg di goodreads ya.. soalnya aku nggak masang fotoku di twitter.. hehe

    Rak bukuku nggak rapi-rapi banget kok.. mungkin itu efek kamera aja xD

    @mas Tezar : kasih tisu :p

    @peri hutan : makasih mba sulis🙂

    @mba Astrid.. iya mbak, aku kuliah Psikologi🙂

    @fingerprintale : kamu tinggal dimana?😀

    @ Lulu : terimakasih ^^

    @Peni Astiti : Toss

    @Helvry : ditunggu loo

    @Sabrina : hihi

    @Mba Annisa : mba annisa juga imuuut :*

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s