#220 Dongeng Patah Hati

17674472

Judul Buku : Dongeng Patah Hati

Penulis : Aveline Agrippina dkk

Halaman : 276

Penerbit : Gagas Media

Dongeng Patah Hati merupakan karya omnibus dari 10 pemenang sayembara menulis “Proyek 14” yang diadakan oleh Gagas Media beserta 4 orang penulis kontributor pilihan Gagas Media. Seperti judulnya, 14 cerpen di dalamnya semuanya berkisah tentang kasih tak sampai. Entah itu patah hati, diam-diam mencintai,bahkan diselingkuhi.  Salah satu alasan saya memilih buku ini dalam paket #UnforgotTEN karena salah satu penulisnya adalah member BBI, Lutfia Khoirunisa (Lulu).  Berikut ini adalah ringkasan dari 14 cerpen tersebut.

Episode 30: Labirin Patah Hati by Avelin Agrippina Tando. Cerpen ini berbentuk surat dari AA kepada G. AA bercerita tentang pertemuannya dengan seorang pria dalam suatu kejadian yang tidak biasa. Kekasih AA selingkuh dengan tunangan pria tersebut. Sebagai sesama yang dikhianati keduanya jadi akrab. Tapi akhirnya keduanya tetap tidak bisa bersatu. Kali ini ada maut yang menyisakan patah hati bagi AA.

Love Doesn’t Have To Hurt by Callia. Nadia jatuh cinta pada temannya, Ray. Sayangnya Ray justru jatuh cinta pada orang lain, dosennya sendiri bernama Diana. Meskipun Nadia tahu cinta Ray tidak bersambut, Nadia mau membantu mempertemukan Ray dengan Diana. Apapun dilakukan Nadia demi kebahagiaan Ray,walaupun menyimpan sakit di dalam dirinya.

Hujan Tanpa Pelangi by Robin Wijaya. Ini salah satu cerpen yang saya suka di dalam buku ini. Bercerita tentang cinta terlarang di antara dua anak manusia. Keduanya terlahir dari rahim yang sama. Karena adat, mereka dipisahkan sejak kecil dan ketika bertemu di saat dewasa, cinta yang muncul bukanlah cinta antar saudara.

Kamu, di Balik Hujan yang Menirai by Kokinos Te. Ren memaksa Echa, kekasihnya untuk memilih antara dirinya atau obat-obat terlarang itu. Tetapi Echa tidak bisa memilih, Echa membutuhkan keduanya.

Unsent Letter by Rafandha. Cerpen kedua yang berbentuk surat yang berkisah tentang Long Distance Relationship. Si wanita diminta untuk terus menunggu, hingga akhirnya mendapati janji yang ditunggu adalah semu.

It’s Not You, It’s Me by Stephanie Zen. Saya juga menyukai yang satu ini, dimana seorang gadis kehilangan jati dirinya karena mencintai seorang pria yang bahkan tidak menaruh perhatian padanya. Ide cerita sederhana yang dieksekusi dengan baik.

Jelaga by Dadan Erlangga. Kisah ini juga menarik. Hubungan antara sahabat yang tidak bisa naik kasta karena si sahabat menyukai pria lain yang sudah begitu baik padanya. Saya kira masalahnya hanya itu saja, hingga di akhirnya saya menemukan satu kata yang menunjukkan ternyata si sahabat ini adalah seorang wanita.

Patah Hati Terindah by Lutfia K.  Dimas mendekati Rindi ketika MOS. Ketika mengetahui Rindi mempunyai banyak koleksi buku, Dimas menyarankan Rindi membuka taman bacaan. Kedekatan antara Dimas dan Rindi selama mengurus taman bacaan itu membuat Rindi memberanikan diri menyatakan cinta pada Dimas. Dimas tidak menolak, tidak juga menerima, tetapi pergi meninggalkan Rindi. Setahun kemudian Dimas datang membawa tunangannya menemui Rindi. Cerpen yang mengambil latar belakang kecintaan pada buku ini terasa Lulu banget deh😀 Saya malah mengharapkan endingnya lebih dramatis lagi, Lu:mrgreen: *drama queen mode on*

Ulang Tahun Ke-17 by Mahir Pradana. Abdi, musisi jalanan,  berjumpa dengan seorang gadis bernama Adrienne yang mengingatkannya pada kekasihnya dahulu, Elise. Mendengar suara Abdi yang bagus, Adrienne meminta Abdi untuk menyanyi di acara ulang tahunnya.  Di acara itu Abdi bertemu lagi dengan Elise, yang ternyata adalah ibu dari Adrienne. Di situ juga Abdi menyadari bahwa cintanya dahulu hanyalah selingan untuk Elise.

Keberuntungan Kedua by Shelly FW. Sahabat sejak kecil yang memendam cinta, untuk kemudian menyesal karena didahului oleh orang ketiga yang hadir di antara mereka.

To Make You Feel My Love by Ina Inong. Kin diam-diam mencintai Bim, tetapi dia merasa Bim tidak menganggap dirinya ada. Bim menyukai Kin, tetapi terlalu malu untuk mengungkapkan isi hatinya. Ketika waktu mempertemukan mereka kembali, masing-masing mereka sudah ada yang memiliki. Tetapi keduanya masih berharap someday waktu untuk mereka bersama akan datang.

Bunga Pengantin by Sanie B. Kuncoro. Kalau penulis cerpen yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Romantis dan melankolis-nya selalu dapat. Bercerita tentang seorang pria yang berselingkuh. Ketika pria itu diminta memilih, dia menjatuhkan pilihan pada gadis yang menerima bunga pengantin darinya. Namun si gadis merasa tidak adil untuk tunangan pria itu, dan membuat pilihannya sendiri.

Yogyakarta, Suatu Cerita by Dodi Prananda. Berangkat dari kisah nyata tentang seorang pria yang meninggalkan kekasihnya untuk kuliah di Yogyakarta. Ketika kekasihnya ini berhasil menyusulnya, si pria pergi untuk selama-lamanya.

A Whole New World (But Not) With You by Nyc. Perbedaan keyakinan, perbedaan mimpi ternyata bisa mengalahkan cinta. Meski keduanya sudah mencoba, keduanya harus menjalani dunia yang baru sendiri-sendiri.

Secara keseluruhan, saya bisa menikmati kisah-kisah di dalam kumpulan cerpen ini.  Meskipun tema patah hati dan kasih tak sampai bukanlah favorit saya. Cerpen karya penulis pemula layaklah disandingkan dengan penulis pilihan Gagas. Semoga penulis pemula ini tidak berhenti di cerpen saja, tapi juga menghasilkan novel. Untuk covernya, sekali lagi Gagas tetap juara.

3 stars

Postingan ini ditulis untuk #UnforgotTEN Project No.8

banner

3 thoughts on “#220 Dongeng Patah Hati

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s