#229 Alvin Ho : Alergi Pada Anak Perempuan, Sekolah, Dan Hal-Hal Seram Lainnya

9286677

Judul Buku : Alvin Ho : Alergi Pada Anak Perempuan, Sekolah, Dan Hal-Hal Seram Lainnya (Alvin Ho #1)

Penulis : Lenore Look

Halaman : 186

Penerbit : Atria

Usia Kelayakan Baca : 10 tahun

Ini adalah jurnal milik Alvin Ho. Alvin adalah seorang anak yang takut pada banyak hal (terowongan, elevator, guntur, kegelapan, dan masih banyak lagi). Tetapi yang paling ditakuti oleh Alvin adalah sekolah. Sebelum bersekolah, Alvin adalah seorang superhero. Dia adalah si Manusia Petasan (Firecracker Man). Tetapi sejak bersekolah, waktunya untuk menjadi superhero menjadi berkurang.

Menjadi superhero sungguh berat. Kamu harus menyelamatkan dunia. Namun, bersekolah jauh lebih berat. Kamu harus menyelamatkan dirimu sendiri.

Mengapa sekolah itu berat? Karena Alvin tidak mampu berbicara ketika dia berada di sekolah. Suaranya tiba-tiba hilang selama dia berada di sekolah. Flea, teman sebangkunya, mengatakan bahwa Alvin mampu berkomunikasi dengan matanya. Flea menggambarkan mata Alvin dan artinya dalam Buku Tentang Alvin. Masalahnya Alvin alergi pada anak perempuan. Tentu saja itu termasuk Flea. Menurut Calvin, kakaknya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Alvin agar bisa bergaul dengan teman-temannya di sekolah. Salah satunya adalah dengan bertukar kartu bisbol. Alvin tidak punya kartu bisbol, jadi dia memberikan kartu bisbol milik Calvin kepada Pinky, anak laki-laki paling besar di kelasnya. Setidaknya Calvin sudah mengijinkannya sewaktu Alvin meminta ijin pada Calvin di tengah malam (saat Calvin tertidur pulas).

Saya sangat menikmati membaca kisah Alvin Ho. Buku setebal 186 halaman ini habis dalam sekali berbaring (iya… saya bacanya sambil tiduran). Alvin adalah anak jenius meskipun dia memiliki kekurangan sebagai penderita mutisme selektif.  Mutisme Selektif (MS) adalah gangguan dimana anak mengalami kegagalan yang persisten (menetap) untuk berbicara pada suatu situasi sosial tertentu (misalnya : di sekolah) diluar kemampuan untuk berbicara dan memahami bahasa diucapkan. Anak dengan gangguan MS secara khusus dapat berbicara dengan lancar dengan orangtua atau saudaranya di rumah, namun menolak/tidak mau berbicara dengan guru atau teman sebaya ketika dia memasuki sekolah. Artikel tentang MS bisa dibaca di sini.

Orang tua Alvin menyadari kekurangan anaknya, untuk itu mereka membawa Alvin ke ahli psikoterapi. Tetapi Alvin mengetahui kalau psiko itu berarti gila. Bagi Alvin, ahli psikoterapi adalah orang gila yang sangat cerdas, yang perlu kamu jauhi demi kebaikanmu sendiri.  Akhirnya Alvin justru mengumpat ahli yang gila itu dan kabur begitu ada kesempatan :D Tetapi ayahnya yang sabar justru mengajaknya memakan es krim setelah hari yang berat itu, dan memberitahukan kepadanya aturan menjadi seorang gentleman. Aturan pertama adalah tidak memukul dan aturan kedua adalah tidak menghina.

Kisah Alvin menarik untuk dibaca oleh anak laki-laki, karena Alvin memberitahukan rahasianya menjadi seorang gentleman. Orang dewasa juga bisa belajar melalui ayah dan ibu Alvin bagaimana menghadapi anak seperti Alvin. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang menarik dan huruf yang besar sehingga tidak membosankan. Lagipula, siapa yang bisa bosan membaca kelucuan Alvin?

5 stars

Postingan ini diikutsertakan dalam event  Fun Year with Children Literature

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s