#253 My Partner

13454623

Judul Buku : My Partner

Penulis : Retni SB

Halaman : 288

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Bagaimana rasanya jika ayahmu yang selama ini selalu terlihat “lurus” dalam menjalani hidup dan pekerjaan, tiba-tiba divonis bersalah dalam kasus korupsi sebesar 110 milyar? Itulah yang dialami Tita. Belum cukup kasus tersebut saja yang menimpa hidupnya, kini ibunya juga menjalani perawatan di panti perawatan jiwa, adiknya harus pindah sekolah ke luar kota karena malu, ditambah lagi pacarnya meninggalkan dirinya karena berstatus anak koruptor.

Beruntung Tita masih memiliki Om Anton, adik ayahnya yang mau membantunya, dan juga sahabatnya Sani dan Butet. Tapi Tita juga tidak bisa berharap penuh pada om-nya itu. Dia punya keluarga dan pekerjaan yang harus diurusnya. Ketika harta kekayaan yang tersisa disita oleh pemerintah untuk melunasi uang yang digelapkan ayahnya, Tita harus angkat kaki dari rumahnya. Namun Tita bukan cewek lemah. Dia berusaha bangkit dan menata hidupnya yang sudah penuh luka.

Jodik, mantan arsitek yang pernah merenovasi rumahnya, menawarkan pekerjaan pada Tita. Sebenarnya Tita juga adalah seorang arsitek, hanya saja masih fresh graduate, belum punya banyak pengalaman. Hubungannya dengan Jodik sendiri tidak bisa dibilang harmonis, meski masih bisa dikatakan baik. Tita pernah menilai buruk pekerjaan Jodik. Sementara Jodik sendiri tidak pernah bersikap manis pada Tita. Cowok itu terlihat galak, sinis, dan angkuh. Namun Tita butuh pekerjaan dan uang untuk kelangsungan hidupnya.

Seperti yang diduga Tita, dia tidak tahan bekerja bersama Jodik. Dia merasa Jodik tidak membutuhkan kemampuannya, dan hanya mempekerjakan dia atas dasar kasihan. Dodi, anak dari mantan bos ayahnya, kemudian menawarkan pekerjaan dengan gaji lumayan besar. Sikap Dodi yang bertolak belakang dengan Jodik membuat Tita kemudian memilih bekerja dengan Dodi. Meski dia agak ragu karena merasa  berkhianat pada ayahnya.

Alur cerita yang mengalir, dengan dialog yang kocak serta ide cerita yang realistis adalah daya tarik dari novel ini. Di tengah maraknya kasus korupsi saat ini, membuat saya sendiri berpikir apa rasanya menjadi keluarga dari seseorang yang terkena kasus korupsi. Penulis mencoba mengangkat topik itu, dengan memilih tokoh yang “dikorbankan” demi melindungi nama-nama besar di atasnya. Kalau dilihat dari ceritanya, ayahnya Tita hanyalah korban yang dijadikan kambing hitam.

Berbeda dengan metropop lainnya, yang satu ini nyaris tanpa taburan merk atau brand. Kisah hidup glamour juga sedikit. Malah lebih banyak mengisahkan susahnya hidup di Jakarta. Rasa berbeda ini yang membuat saya menyukai karya mbak Retni SB yang satu ini.  Pemilihan judul “My Partner” yang membuat pembaca akan bertanya-tanya siapa yang dimaksud dengan si partner juga akan terjawab setelah membaca keseluruhan cerita. Yang masih membuat saya bingung adalah gambar covernya. Ada cewek pake baju hitam dan berpayung merah. Maksudnya apa ya? Soalnya ga disinggung juga dalam ceritanya. Tapi, overall.. saya suka dengan novel ini.

3 stars

2 thoughts on “#253 My Partner

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s