#263 Noel d’Amour 2 (Post Card Edition)

19501497

Judul Buku : Noel d’Amour 2 (Post Card Edition)

Penulis : Maria Ch Michaela, Stephie Anindita, Yohana Yang, Devina Kwan, Fonny Jodikin, Biondy Alfian

Halaman : 229

Penerbit : Smart Writing

Sudah lama sekali rasanya saya tidak membaca sebuah literatur Indonesia tentang Natal. Biasanya baca romance yang mengambil setting suasana natal. Tapi ya gitu deh… isinya lebih banyak romance-nya daripada natalnya. Saya merindukan natal yang masuk ke dalam hati. Beberapa orang yang saya kenal juga mengatakan bahwa semakin tahun natal terasa semakin “jauh”. Just another holiday. Hingga suatu hari, mas Biondy Alfian menawarkan sebuah buku tentang natal lewat twitter. Tentu saja saya tidak menolak.

Buku ini datang sehari sebelum ulang tahun saya. Saya menganggapnya sebagai kado ulang tahun dan kado natal sekaligus. Melihat sampulnya, saya langsung terpesona. Warna biru dan ornamen natal pada gambarnya sangat menarik. Belum lagi, dalam buku ini ada bonus kartu pos natal dengan kalimat yang indah. Meski instruksinya agar kita mengirimkan kartu pos itu pada seseorang, rasanya saya ingin menyimpan kartu itu untuk diri saya sendiri🙂

Buku ini adalah kumpulan cerpen yang mengambil satu garis merah yaitu kartu pos. Dalam 11 cerpen, selalu ada kartu pos yang hadir. Dan setelah membaca semua cerpennya, ternyata para tokohnya juga saling berhubungan antar cerpen-cerpen tersebut. Ada juga kutipan ayat-ayat Alkitab dengan ilustrasi menarik di antara setiap cerpen.

I’ll Be Home For Christmas berkisah tentang Tristan yang menganggap London adalah rumahnya. Meski raganya berkumpul bersama keluarganya di Indonesia, jiwanya tetap ada di London bersama seorang gadis bernama Kayla. Segala upaya dilakukan oleh ayah ibu dan kakaknya untuk menghadirkan Tristan seutuhnya dalam keluarga mereka. Akhirnya beberapa kartu pos dari calon kakak iparnya yang menjadi awal untuk mengubah semuanya.

Boneka Kertas membawa pesan untuk lebih peduli pada orang terdekat dengan kita. Peter yang menghabiskan waktu mengejar Regina, sampai tidak sadar jika adiknya Jessy sedang bermasalah dan membutuhkan bantuan. padahal hampir setiap hari Peter makan siang di rumah Jessy dan bermain dengan anak-anaknya. Hal kecil yang kau lakukan untuk sesamamu bisa berarti bagi mereka.

Doa Terakhir adalah kisah Oscar yang bosan dengan hidupnya yang monoton. Merasa tidak diperhatikan oleh keluarganya, Oscar merindukan neneknya yang sudah lama pergi ke Rumah Bapa. Pertemuannya dengan seorang nenek bernama Oma Hilda di Griya Agape mengubah hidup Oscar. Nah, Oma Hilda sendiri menceritakan kisah hidupnya dalam cerpen Sweet December. Menariknya, karena dua cerpen ini ditulis oleh orang yang berbeda, tapi bisa menjadi kesatuan yang utuh.

Sebagai seorang anak yang ditinggalkan di depan pintu panti asuhan pada saat masih bayi, Icha merindukan kehadiran orang tua. Apakah kehadiran Pak guru Yosef yang agak misterius dapat menjadi Hadiah Natal Untuk Icha? 

Saat Aku Jadi Papa menceritakan pergumulan seorang pria yang berusaha mewujudkan impiannya. Tanpa didukung oleh orang tuanya, Darma berusaha membuktikan bahwa kuliner bukanlah dunia mainan. Ketika ibunya meninggal, Darma tidak hadir, semata-mata karena dia tidak ingin bertemu dengan ayahnya. Tetapi kehadiran seorang anak mengubah cara pandang Darma. Dia berharap selembar kartu pos bisa mengubah hubungannya dengan ayahnya. Apakah usaha Darma berhasil? Jawabannya ada pada cerpen Satu Hari Yang Cerah.

Menjadi anak kost dan pencari kerja di Jakarta adalah pergumulan yang dialami Akbar dalam cerpen Tuhan Tidak Pernah Gagal. Meski meyakini kehadiran Tuhan dalam hidupnya, ada masa di mana kegagalan datang bertubi-tubi membuat Akbar patah semangat. Ajaibnya, pertolongan Tuhan datang lewat kehadiran Tomy tetangga kamarnya yang bukan seorang Katolik. Tomy bahkan ingin mengenal Tuhan lebih dekat karena Akbar.

Noel aalah cerpen favorit saya dalam buku ini. Lahir sebagai seorang anak dengan Noonan Syndrome membuat kedua orangtuanya memberi perhatian ekstra padanya. Satya, ayahnya membanting tulang demi mencari uang, hingga suatu hari kontraknya tidak lagi diperpanjang. Namun Satya tidak berani berterus terang pada istri dan anaknya. Satya justru mengajak keduanya pergi berlibur. Liburan yang justru membuat Noel sakit dan butuh perawatan. Saat itulah Martha, istrinya tahu jika Satya sudah tidak punya pekerjaan. Martha merasa kecewa Satya tidak bisa jujur kepadanya. Bagaimana mereka bisa mengatasi krisis ini tanpa mengorbankan Noel?

When Christmas Ended menceritakan seorang calon dokter bernama Yosephine yang nyaris meninggalkan dunia kedokteran gara-gara ucapan pedas seorang seniornya. Pasalnya, seorang pasien penderita AIDS meninggal saat Yosephine bertugas. Yosephine menjadi depresi dan membutuhkan pertolongan. Cerpen ini mengajarkan ucapan yang kita lontarkan dalam kepahitan bisa menjadi luka bagi orang lain.

Surat Untuk Kakak menceritakan tentang kekuatan doa dan bagaimana menerima hal buruk sebagai suatu pelajaran untuk mendewasakan diri. Setidaknya itulah yang dialami Ariana dalam menghadapi kenyataan bahwa kakaknya adalah seorang penghuni Lembaga Permasyarakatan.

Sebelas cerpen yang menarik, meski tidak semua tereksekusi dengan baik dari sisi alur ceritanya. Masih ada beberapa typo di sana-sini. Namun secara keseluruhan cerpen-cerpen ini menghadirkan kembali suasana Natal berikut pesan-pesannya yang menyejukkan hati. Natal adalah sebuah perubahan. Sekecil apapun hal yang terjadi, mungkin ada perubahan besar di baliknya. Saya merekomendasikan buku ini untuk kamu yang mencari fiksi Kristiani bernuansa Natal.

3 stars

2 thoughts on “#263 Noel d’Amour 2 (Post Card Edition)

  1. Thank you review dan kritiknya, mbak Desty.. ternyata dari Biondy ya ditawarinya?
    Kami Peri Penulis akan berusaha sebaik mungkin untuk memperbaikinya di proyek selanjutnya..

    Salam
    Devina Kwan ^^

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s