#265 How To Ruin a Summer Vacation

How to Ruin a Summer Vacation!

Judul Buku : How To Ruin a Summer Vacation (How To Ruin #1)

Penulis : Simone Elkeles

Halaman : 243 (ebook)

Penerbit : Llewellyn Worldwide

Amy adalah gadis keturunan Israel-Amerika. Enam belas tahun yang lalu, ayahnya, seorang pemuda Israel bertemu dengan ibunya, dan terlibat dalam kisah semalam. Hasilnya, lahirlah Amy. Kedua orang tuanya tidak pernah menikah. Amy tinggal bersama ibunya, dan ayahnya (Ron Barak) hanya mengunjunginya pada saat ulang tahun. Amy tidak benar-benar mengenal ayahnya (Amy menyebut ayahnya sebagai SD (Sperm Donor)), namun jauh di dalam hatinya dia ingin kedua orangtuanya bersatu. Mungkin karena kondisi keluarganya, Amy tumbuh menjadi gadis yang selalu merasa insecure.

Dalam liburan musim panas kali ini, ayahnya mengajaknya untuk pergi ke Israel  mengunjungi Shafta-nya (neneknya) yang sedang sakit. Di dalam bayangan Amy, Israel adalah zona perang. Tentu saja Amy tidak ingin pergi. Tetapi ibu dan ayahnya mendesaknya, dan Amy terpaksa mengikuti ayahnya berlibur ke Israel. Kisah kocak Amy dimulai di saat dia harus terbang selama 12 jam ke Israel. Belum lagi saat bertemu dengan keluarganya yang ternyata sama sekali tidak mengetahui tentang dirinya sebelumnya.

Di Israel, Amy harus tinggal di moshav (semacam perkampungan dengan rumah-rumah sederhana) dan berbagi kamar dengan sepupu perempuannya, Osnat. Sikap Osnat yang tidak bersahabat sejak awal sudah menyebalkan buat Amy. Belum lagi saat dia bertemu dengan seorang pemuda bernama Avi, yang sering sekali datang ke rumah pamannya itu, bahkan sempat melihat Ami nyaris telanjang saat berganti pakaian di dalam kamar. Entah kenapa, Avi selalu bersikap sinis pada Amy. Dan oh..jangan lupakan Amy harus belajar mencukur bulu domba. Di balik semua hal yang menyebalkan, Amy mendapati dirinya sangat menyayangi neneknya. Entah mengapa, dia bisa akrab dengan neneknya.

Yang paling seru dalam buku ini adalah saat Amy ditantang untuk ikut camping bersama teman-teman Israelnya. Meski dalam kelompok itu ada Osnat dan Avi yang membencinya, tapi Amy menyukai teman-temannya yang lain. Amy merasakan bagaimana tidur di padang pasir, naik kayak melewati Sungai Yordan, dan mendaki Gunung Masada suatu tempat sakral bagi orang Yahudi. Amy belajar banyak hal. Bahwa setiap pemuda di Israel wajib mengikuti pelatihan militer (2 tahun untuk permudi dan 3 tahun untuk pemuda) dan tentunya itu bukan hal yang biasa bagi Amy. Amy juga menemukan jati dirinya dalam perjalanan ini, dan juga menyadari bahwa dia dan Avi saling menyukai.

Saya selalu suka dengan karya Simone Elkeles. Gaya bercerita yang penuh humor sarkastik membuat ceritanya mengalir dan enak dibaca. Lebih suka lagi karena setting tempatnya di Israel, dimana seorang gadis Amerika menemukan bahwa tidak selamanya yang ada di berita itu adalah yang sesungguhnya terjadi. Kisahnya berasa real, seakan kita bisa merasakan apa yang dialami oleh Amy. Kegelisahannya, ketakutannya, dan juga keberaniannya. Dan kisah Amy tidak berhenti… masih ada dua buku lagi. Saya sudah tidak sabar untuk membacanya.

4 stars

2 thoughts on “#265 How To Ruin a Summer Vacation

  1. ahhh, aku pun suka banget seri ini, Des, ayo lanjutkan dibaca…aku seminggu 3 bukunya langsung digeber…tumben-tumbenan bisa baca buku Inggris cepet kayak begitu, hehehe….suka banget sama Simone, lagi mau baca Wildcards nih…:)

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s