#281 Dirty Little Secret

20420940

Judul Buku : Dirty Little Secret

Penulis : aliaZalea

Halaman : 336

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Nama aliaZalea itu termasuk dalam daftar penulis yang novelnya wajib saya baca. Apalagi kabarnya Dirty Little Secret ini adalah novel terakhir dari kisah Adriana dkk. Begitu ada kesempatan membeli bukunya, langsung masuk ke dalam kantong belanjaan tanpa perlu pikir panjang.

Jana Oetomo melanjutkan pendidikannya di Amerika atas permintaan kedua orang tuanya. Sayangnya kuliahnya harus berhenti di tengah jalan, karena dia hamil. Masalahnya, Ben Barata kekasihnya tidak mau bertanggung jawab bahkan menyarankan Jana untuk menggugurkan kandungannya. Jana pulang ke tanah air tanpa memberi kabar kepada Ben. Satu-satunya email yang sampai ke inbox Ben mengabarkan bahwa Jana sudah menggugurkan kandungannya.

Delapan tahun kemudian, Ben yang masih diliputi perasaan bersalah telah mencampakkan Jana kembali ke Indonesia untuk mencari Jana. Dia cuti satu bulan dari pekerjaannya di Amerika demi misi ini. Kali ini dia tidak akan melepaskan Jana, cinta matinya. Alangkah terkejutnya Ben ketika dia menemukan bukan hanya ada Jana, tapi juga Raka dan Erga, sosok mungil kembar berusia 7 tahun yang sangat mirip dengannya. Tidak salah lagi, dirinya telah menjadi seorang ayah.

Novel ini bukan saja menceritakan perjuangan Ben untuk bisa mendapatkan Jana kembali, terlebih lagi adalah agar bisa dekat dengan anak-anaknya. Dia rela dengan panggilan “Om Ben” agar bisa berada di samping Raka dan Erga. Sementara itu Jana sepertinya lebih baik mati daripada bisa dekat dengan Ben lagi. Tantangan lainnya adalah meyakinkan kedua orang tua Jana bahwa dia layak sebagai seorang suami dan ayah.

Membaca novel minim (dan sepertinya nggak ada) typo ini bisa selesai dalam waktu satu siang saja. Penggambaran tokohnya seperti nyata dalam benak saya. Saya suka dengan karakter Ben yang meski bad boy tapi dia masih menunjukkan tanggung jawab dan rasa cintanya pada Jana dan kedua anaknya. Perpindahan dari karakter bad boy ke karakter pria baik-baik terasa mulus dan tidak muluk-muluk. Ada masanya dimana Ben tidak bisa mengendalikan hasratnya pada Jana, apalagi ketika harga dirinya terusik. Namun tingkah Ben saat bersama anak-anaknya bikin melted. Kalau Jana, dia cukup konsisten dari awal hingga akhir. Tipikal wanita yang memendam cinta tapi mengutamakan harga diri dan gengsi. Raka dan Erga juga tidak kalah menggemaskan. Raka yang liar seperti membawa sifat ayahnya, sementara Erga yang sensitif lebih cenderung seperti ibunya. Ada satu adegan dimana Raka berusaha menenangkan adiknya yang menangis tersedu-sedu ketika mereka tahu ayahnya masih hidup, bikin saya ikut menitikkan air mata (yeah… blame the hormone of pregnancy).

Satu poin khusus yang saya dapatkan lewat novel ini adalah tentang model keluarga. Ada tiga model keluarga yang diberikan dalam novel ini. Pertama adalah keluarganya Ben (Papa-Mama). Meski kedua orang tuanya terbilang sebagai orang terkenal di Indonesia, Ben berusaha menunjukkan bahwa dia bisa berdiri sendiri. Dan sepertinya kedua orang tuanya mendukung keputusan anaknya. Ben yang berporfesi sebagai konsultan manajemen memiliki pekerjaan mapan yang jauh dari koneksi orang tuanya. Ini membuat Ben menjadi orang yang sangat percaya diri, dan mudah terusik ketika dikait-kaitkan dengan orang tuanya. Sementara keluarga Jana (Papi-Mami) sangat ketat aturan, menekankan profesi anaknya harus sama demi kelanjutan usaha keluarga. Jana yang tahu dengan perangai orang tuanya berusaha membentuk keluarga yang berbeda (Ayah-Bunda). Dia membesarkan anaknya dengan kehangatan. Hal yang sama juga diinginkan oleh Ben, ditunjukkan ketika dia berani “melawan” Papi-nya Jane yang menyebut dirinya tidak layak menjadi suami dan ayah.

Novel ini seperti novel aliaZalea lainnya masuk kategori Novel Dewasa. Meski saya kurang setuju dengan umpatan-umpatan yang membawa nama Tuhan, mungkin itulah lifestyle yang ingin ditunjukkan oleh penulis. Beberapa adegan khusus untuk usia 18+ juga ada dalam novel ini. Jadi pastikan sudah cukup umur sebelum membaca novel ini ya…

4 stars

5 thoughts on “#281 Dirty Little Secret

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s