Friday’s Recommendation #32 (+Giveaway)

FR

FR #32 kali ini sedikit istimewa. Kenapa? Saya ingin berbagi kebahagiaan dengan pengunjung blog ini. Beberapa hari yang lalu, jumlah pengunjung di blog ini mencapai angka 100.000. Bukan jumlah yang sedikit menurut saya, setidaknya blog ini memberi kontribusi untuk mereka yang tertarik pada buku.

Nah… karena itu, saya mau memberikan 1 buah buku yang saya rekomendasikan kali ini untuk yang meninggalkan komentar pada postingan ini, khususnya bagi yang belum pernah membaca buku ini. Berhubung bukunya sudah saya baca (makanya saya rekomendasikan🙂 ) jadi kondisinya tidak bersegel lagi ya… tapi tentu saja masih rapi dan mulus. Buku apakah itu?

17732143

Lampau (by Sandi Firly)

Aku mengingatmu, gadis berkepang dua. Di jalan menyusuri masa kecil. Senyum manis, cinta pertamaku. Mengingatmu adalah perjalanan panjang kembali ke buku-buku bergaris masa sekolah dasar, pensil warna, dan mimpi-mimpi beralur manis.

Gadis berkepang dua dengan senyum semenarik krayon warna, kau juga mengingatkanku pada takdir. Takdir yang lekat akan gemerincing denting gelang hiyang perunggu dalam iringan tetabuhan gendang, dan senandung mantra-mantra yang dengan sendirinya dapat kubaca.

Hingga bayangmu kutinggalkan dalam frame tua. Aku menemui gadis lain berwajah teduh. Gadis yang tak mengingatkanku pada takdir yang menunggu. Gadis yang membuatku tahu bahwa hidup bukan sekadar menjalani takdir yang kita tahu.

Namun, gadis berkepang dua, jalanku memutar, entah mengapa seolah ujungnya ingin menemukanmu. Senandung mantra siapa yang akan aku jelmakan, kali ini?

Jangan terkecoh dengan blurb di atas. Ada sih romansanya tapi nggak mendominasi. Justru novel Lampau ini unik menurut saya. Saya suka dengan novel karya anak bangsa yang mengangkat budaya di Indonesia. Mengambil background pedalaman Kalimantan dengan budayanya yang eksotis, novel ini menceritakan tentang mimpi seorang anak untuk bisa melanjutkan pendidikannya dengan cara apapun. Perjuangannya membuat dia berhasil dalam meraih mimpinya untuk bisa pergi ke Ibu Kota. Saya sudah pernah membuat review-nya di blog ini juga.

Itu dia bukunya. Silahkan bagi yang berminat. Jangan lupa menuliskan email + akun twitter-mu ya. Giveaway-nya hanya berlangsung selama 2 minggu (21 Maret – 3 April 2014). Pemenangnya akan saya umumkan pada #FR 33.

Kamu juga bisa ikutan meme ini dengan merekomendasikan buku untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia atau untuk dibaca oleh orang lain. Ini aturan meme-nya:

1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia 
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya
3. Pasang button Friday’s Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren’s Little Corner
4. Masukkan link Friday’s Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog – blog lain🙂
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum’at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

12 thoughts on “Friday’s Recommendation #32 (+Giveaway)

  1. Cukup penasaran sih dengan bukunya. APalagi buku terbitan GagasMedia. Tidak terlalu banyak buku yang mengangkat cerita tentang kota Indonesia dan memadu padankannya dengan romansa. Bisa dibilang hanya sebagian kecil saja yang ada. Banyakan cerepan sih yang mengangkan tentang kota-kota serta budaya eksotis suatu kota di Indonesia. Makasih mbak Desty karena udah show bukunya.

    @rose21beliebers
    Iinekawati@rocketmail.com

  2. Sebelumnya pernah membaca Rahasia Sunyi – Brahmanto Anindito dan Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah – Tere Liye yang latarnya ada di Kerinci dan Kalimantan. Meskipun awalnya agak kaget sama budayanya yang berbeda, tapi lama kelamaan malah jadi suka. Semenjak itu pengen baca buku yang latarnya di kota-kota lain yang jarang diceritakan di novel, sekaligus pengen tahu budaya mereka. Enak rasanya tahu banyak budaya orang lain😀

    Sekian mbak, terima kasih GA nya🙂

    dyaahmuawiyah@gmail.com
    @dyahmuawiiyah

  3. Wah, kebetulan saya belum pernah baca LAMPAU. tapi dari blurb-nya sih bahasanya puitis banget yah. Apa isinya juga?😀
    Saya juga cukup tertarik baca buku yang berbau budaya gitu. Dan Lampau ini mengambil setting lokalitas kalimatan ya? wah saya juga belum pernah baca yang menyangkut lokalitas kalimatan. Palingan waktu itu Laskar pelangi doang tapi mengangkat lokalitas sumatera.
    Yang saya tahu lokalitas yang sering dipakai di novel kebanyakan pake lokalitas Jawa dan Bali, jarang ada yang berani pakai selain itu. Dan sangat menarik banget Lampau ini.

    Kak pernah baca tarian bumi-nya Okka Rusmini? Buku itu juga berbau lokalitas budaya juga, tapi budaya bali.

    Dan semoga saya beruntung, soalnya pengen banget baca! *ngaret banget*

    Mita Oktavia
    greenchochobichocolate[at]gmail.com
    @Oktaviamithaa

    Makasih kak rekomendasi dan giveawaynya ^^

  4. Wah ga salah deh kalau buku ini masuk wishlist saya🙂 Kangen juga dgn buku2 yg mengangkat ttg budaya lokal. Paling akhir, waktu itu baca 12 menit-Oka Aurora yang sempat menyinggung2 budaya Dayak. Semoga bisa dapat buku ini, aamiiin, ammiiin🙂

    Nama: Vania Pramudita Utami
    Email: vaniautami31@gmail.com
    Twitter: @vaniapramuditaa

    Terimakasih mbak🙂

  5. Huaaah, kereeen Mbak Desty.. giveaway dalam giveaway😀. Aku udah punya Lampau, jadi aku ngga usah dimasukin ya, wkwkwkwkwk.
    Makasih udah ikutan FR Mbak Desty, apalagi ikut dari awal sampai saat ini :’) *hugs*

  6. Mau dong kak, buku Lampau ini kayanya menarik banget😀 menurutku Cerita yang mengandung unsur budaya lokal emang slalu bikin penasaran dan bisa menambah pengetahuan untuk orang” sepertiku yang tau-nya jakarta dan monas doang, hehehe :p

    Ana Rosdiana
    aanaa929@gmail.com
    @Ana_On3

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s