#309 Play Dirty

play-dirty

Judul Buku : Play Dirty (Permainan Kotor)

Penulis : Sandra Brown

Halaman : 648

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cukup lama saya mencari novel karya Sandra Brown dengan judul dan gambar sampul yang provokatif ini. Akhirnya bisa dapat langsung dari GPU yang menjadi sponsor TBRR Mystery Reading Challenge 2013 yang diadakan oleh mbak Maria HobbyBuku. Lantas permainan kotor seperti apa yang ada di dalam novel ini?

Griff Burkett baru saja menghabiskan lima tahun masa tahanannya di dalam penjara akibat penipuan yang dilakukannya di lapangan rugby. Lima tahun yang lalu, Griff berurusan dengan kelompok mafia Vista yang memberinya sejumlah uang asalkan dia bisa memanipulasi kekalahan tim-nya untuk mendapatkan Super Bowl. Ketika FBI menangkapnya, Griff tidak bisa mengelak. Kini dia sudah menebus kesalahannya, dan siap kembali ke masyarakat. Tentu saja hal itu tidak mudah. Yang pertama harus dilakukannya adalah mencari pekerjaan. Sayangnya, reputasinya yang sudah hancur membuatnya sulit mendapatkan pekerjaan.

Akan tetapi, seorang jutawan pemilik SunSouth Airlines bernama Foster Speakman, menawarinya sebuah pekerjaan dengan tawaran upah yang sangat menggiurkan. Tugas yang harus dikerjakannya sebenarnya mudah hanya saja tidak masuk akal. Foster yang sehari-harinya duduk di kursi roda akibat sebuah kecelakaan yang menimpanya dua tahun yang lalu, menginginkan seorang anak sebagai pewaris. Sayangnya dia tidak bisa mewujudkannya sendiri. Untuk itu dia meminta Griff untuk membantunya dengan cara yang benar-benar konvensional. Griff harus menghamili istrinya Laura secara alami. Griff awalnya menolak ide gila itu, tapi dia membutuhkan uang. Akhirnya Griff setuju dan diaturlah perjanjian dan pertemuan antara dirinya dengan Laura.

Permasalahan Griff bukan hanya karena pekerjaannya yang sangat rahasia itu. Seorang bernama Rodarte sejak lima tahun yang lalu selalu mencari cara untuk menyengsarakan Griff. Saat terlibat dengan kelompok Vista, Griff dituduh telah membunuh seorang bernama Bandy dan menyembunyikan sejumlah uang yang sangat besar. Namun tuduhan itu tidak berhasil dibuktikan atas Griff. Rodarte terus mengejar Griff  untuk mencari tahu dimana uang itu. Bukan hanya itu saja, dia tidak segan mencelakai orang-orang yang ada di dekat Griff untuk mengancamnya.

Apa hubungan antara Rodarte dan Foster? Rodarte ternyata diam-diam mengetahui bahwa Griff terlibat affair dengan Laura Speakman. Setelah pertemuan keempat antara Griff dan Laura dalam upaya membuat Laura hamil, usaha mereka akhirnya berhasil. Foster ingin memberikan secara pribadi sisa uang yang dijanjikan untuk menjadi upah Griff. Sayangnya, di malam yang sama Foster terbunuh dengan cara mengenaskan. Sidik jari Griff ada di pisau pembuka surat yang digunakan sebagai alat pembunuhan. Dan detektif yang bertugas untuk menangani kasus tersebut adalah Stanley Rodarte, Kepala Bagian Pembunuhan Kepolisian Dallas.

Whoa… saya tidak menyangka twist-nya bisa muncul lebih cepat. Tapi bukan berarti kisahnya menjadi anti klimaks, justru alur ceritanya menjadi lebih menarik. Permainan kotor yang dimaksudkan dalam novel ini bukan semata affair terencana antara keluarga Speakman dengan Griff, tapi juga keterlibatan Rodarte, dan isu penipuan yang dilakukan oleh Griff di lapangan rugby. Mengapa Rodarte begitu berambisi ingin menghabisi Griff? Apakah benar Griff yang membunuh Foster? Bagaimana nasib Laura, janda Speakman dan anak yang dikandungnya? Ada banyak pertanyaan yang bisa muncul. Semuanya dijawab lewat rangkaian kisah menarik yang dituliskan oleh Sandra Brown. Alur yang cepat dan tentu saja penuh misteri tetap menjadi andalan Sandra Brown dalam novelnya ini. Bagi saya membaca novel ini cukup menghubur setelah membaca Temperature Rising yang kurang nendang. Adegan kipasnya memang ga banyak (padahal cover-nya lumayan menjanjikan tuh) tapi jalan ceritanya lumayan menarik.

3 stars

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s