#318 NGENEST – Ngetawain Hidup Ala Ernest

18777569

Judul Buku : NGENEST – Ngetawain Hidup Ala Ernest

Penulis : Ernest Prakasa

Halaman : 170

Penerbit : Rak Buku

Saya baru benar-benar ngeh dengan stand up comedy di tahun 2013, ketika menonton acara SUCI3. Sejak itu jadi rutin nonton penampilan para comic di televisi. Salah satu comic  yang saya sukai adalah Ernest Prakasa (juara 3 SUCI1) yang sering membawa tema tentang Cina dan minoritas. Dan ketika buku ini terbit, saya segera membelinya, khusus untuk proyek Baca dan Posting Bareng BBI dengan tema humor dan komedi.

Buku ini berisi 23 tulisan Ernest, yang mencoba membahas berbagai sisi kehidupan. Kalau sering mengikuti penampilan Ernest di televisi, pasti tahu kalau sebagian besar materi yang dibawakannya di atas panggung ada di dalam buku ini. Mulai tentang minoritas etnis Cina, Ahok yang jadi orang penting di Jakarta, media sosial hingga masalah ASI. Meski sudah pernah mendengarnya, membaca kembali materi itu tetap bisa membuat saya tertawa.

Nih, saya coba kutipkan satu bab yang paling pendek, dengan judul Di Sisi-Nya.

Seperti yang kita biasa denger, kalo ada orang yang meninggal dunia, pasti akan muncul kalimat berikut:

“Semoga diterima di sisi-Nya.”

Menurut gue, ini agak aneh.

Sekarang gini ya. Kita kan nggak tahu Tuhan itu wujudnya kayak apa, ukurannya segede apa. Dan apakah mentang-mentang kita masuk surga, kita bisa dempet-dempetan ama Dia terus? Dia juga sibuk kali. Lagian kalo dipikir baik-baik, dari zaman dahulu kala sampai sekarang, udah ada berapa banyak manusia yang masuk surga? Kalo pun bener kita bisa berada di sisi-Nya, itu pasti berjejer ke sampingnya udah jauuuuuh banget.

😀 *LOL*

Udah ah, segitu aja ngutipnya. Menariknya Ernest menuliskan pandangannya dengan santai dan sederhana dibalur dalam jokes yang menghibur. Kalau istilah panggungnya : pecah! Bahkan soal kondom atau pendidikan seks bisa dinikmati tanpa perlu merasa hal itu adalah tabu. Salah satu tips pendidikan seks yang diberikan oleh Ernest, yaitu sebagai bapak yang baik jika ditanyain oleh anaknya tentang bagaimana perempuan bisa hamil, Ernest sudah punya jawabannya.

Kamu tanya mama aja ya.

Soal penulisan, masih ada typo yang bertebaran, mulai dari tidak ada spasi antar kata sampai salah penulisan (tidak sesuai EYD). Tapi karena ini buku humor rasanya masih bisa dimaafkan. Sayangnya buku ini masih tergolong tipis (kurang dari 200 halaman). Semoga Ernest tetap mengeluarkan buku-buku lain di masa akan datang. Mungkin melirik genre fiksi komedi, barangkali?🙂

3 stars

Posting bareng

7 thoughts on “#318 NGENEST – Ngetawain Hidup Ala Ernest

  1. Benernya belum tentu juga Mama mau jawab gimana caranya perempuan hamil Mbak Des. Soalnya nanti pas nanya Mama, dia bakal jawab, “Kamu tanya Papamu aja ya. Kan dia yang inisiatif buat Mama hamil” #jayus #abaikan

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s