#321 7 Kebiasaan Orang Yang Nyebelin Banget

2103050

Judul Buku : 7 Kebiasaan Orang Yang Nyebelin Banget

Penulis : Henry Manampiring

Halaman : 224

Penerbit : Kompas

Mungkin tidak kita semua bisa menjadi orang-orang yang sangat efektif, tetapi kita semua bisa belajar menjadi orang yang tidak menyebalkan.

Om Piring a.k.a @newsplatter kembali mengeluarkan buku terbarunya yang masih berbasis survey yang dilakukan di media sosial. Kalau pada tahun 1990-an ada buku bestseller yang berjudul 7 Habits of Highly Effective People, sekarang ada buku calon bestseller yang berjudul 7 Habits of Highly Annoying People. Ketika menjadi orang yang efektif terasa sulit, setidaknya jadilah orang yang tidak menyebalkan.

Di dalam buku ini diulas 7 tempat/kondisi dimana kita akan menemukan kebiasan orang di sekitar terasa menyebalkan, yaitu di sekolah/kampus, di kantor, di angkutan umum, di mall/bioskop/tempat umum, di acara keluarga, saat pacaran, dan di media sosial. Saat saya membaca kebiasaan-kebiasan yang menjadi top survey itu, seringkali saya tersenyum bahkan tertawa dan mengangguk-angguk sambil bilang dalam hati, “iya banget deh”.

Misalnya saja, ada salah satu kebiasaan yang menyebalkan yang sering terjadi di sekolah/kampus yaitu kalau ada tugas kelompok biasanya ada saja anggota kelompok yang nggak kerja, tapi bisa dapat nilai yang sama dengan anggota kelompok lainnya. Atau kebiasaan siswa/mahasiswa yang ngakunya ga belajar, padahal kalau ujian dapat nilai tertinggi😀 Contoh kebiasaan menyebalkan lainnya ada pada saat acara keluarga. Sudah banyak orang yang jutek dengan pertanyaan berawalan kata kapan yang populer itu. Seperti sudah jadi pertanyaan wajib yang menyebalkan kan?

Menariknya di dalam buku ini bukan sekedar menyebutkan kebiasaan-kebiasaan yang menyebalkan itu, tapi juga diulas dan diuraikan dengan gaya khas Om Piring yang kocak. Apalagi ada ilustrasi yang lucu di beberapa bagian buku ini. Tapi yang paling juara menurut saya adalah jawaban-jawaban open-ended dari peserta survey yang tidak kalah lucunya. Didominasi dengan warna kuning yang menyegarkan mata, buku non fiksi ini bisa jadi pengisi waktu yang menyenangkan.

Sebagai penutup saya akan mengutip harapan penulis dengan terbitnya buku ini seperti yang tertulis di dalam bukunya.

Semoga semakin banyak orang yang membaca dan terinspirasi buku ini, semakin banyak yang (berusaha) mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang menyebalkan orang lain, dan semakin sedikit perilaku menyebalkan yang kita temui sehari-hari. Dan dunia (mungkin) bisa menjadi sedikit lebih baik.

3 stars

One thought on “#321 7 Kebiasaan Orang Yang Nyebelin Banget

  1. Aaah. Aku pernah lihat buku ini. Sempat ngiler juga. Kayaknya seru ya. Jangan-jangan, tanpa sadar mungkin kita ada di antaranya. :p

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s