Belajar Membaca Efektif

foundation

Sejak tahun 2011, saya selalu memasang target membaca bagi diri saya sendiri. Indikatornya adalah berapa buku yang saya baca selama 1 tahun itu. Saya memanfaatkan akun Goodreads yang menyelenggarakan Reading Challenge untuk mengukur target membaca saya. Hasilnya, setiap tahun saya membaca di atas 150-200 buku/tahun. 

Tidak jarang juga teman-teman bertanya apa resepnya sampai saya bisa melahap begitu banyak buku (dan membuat reviewnya). Padahal saya nggak punya resep apa-apa lho. Saya hanya membaca. Mungkin kecepatan membaca saya memang lebih dibandingkan yang lain. Ketika Legentas Indonesia menghubungi saya untuk menawarkan mencoba program kursus online membaca cepat, saya sempat ragu mencobanya. Tapi saya penasaran, dan akhirnya saya mencobanya.

legentas

Legentas Indonesia adalah sebuah proyek edukasi online speed reading (www.legentas.com/idn) di Indonesia, sebuah proyek edukasi metode membaca cepat yang berasal dari Republik Ceko, Eropa. Aplikasi ini telah digunakan dalam bahasa Inggris, Ceko dan Slovakia selama lebih dari 1 tahun, dan saat ini sedang dikembangkan juga dalam bahasa Indonesia, Jerman, Rusia, dan Portugal. Beberapa penghargaan yang diraih, salah satunya adalah Ide Terbaik Bisnis Start Up di Republik Ceko tahun 2012.

Okey… saya pun mulai mencobanya. Di tahap awal, ada semacam tes pendahuluan untuk mengetahui kemampuan kita. Saya pikir kecepatan membaca saya sudah tergolong cepat. Di tes awal saya mendapatkan skor 273 kata per menit (word per minute). Sebagai patokan,  rata-rata kecepatan membaca dari pembaca yang tidak terlatih adalah 200-250 kata per menit. Sementara standar rata-rata kecepatan membaca cepat yang sudah melewati proses belajar adalah 520 kata per menit. Standar ini yang menjadi target dalam mengikuti kursus online di Legentas. Ternyata saya masih bisa meningkatkan kecepatan membaca saya.

Mengapa harus membaca cepat?

Ada banyak teori yang saya baca selama kursus ini berlangsung. Membaca cepat membantu orang-orang yang hanya memiliki waktu terbatas sementara mereka dituntut untuk memahami sebuah bacaan/wacana dengan baik. Contohnya saat membaca jurnal, koran, majalah, surat perjanjian, akta, dan sebagainya. Kalau saya pribadi sih tujuan saya untuk membaca cepat sederhana saja… untuk menghabiskan timbunan #eh😀 Tapi beneran lho, saya yang merasa waktu membaca saya semakin menipis sementara timbunan semakin bertambah butuh solusi agar hobby saya ini bisa tetap jalan.

*Kalau bacanya cepat-cepat, ntar nggak menikmati jalan cerita atau isi bukunya dong…*

Membaca cepat bukan sekedar masalah waktu. Dalam membaca cepat yang terpenting adalah pemahaman terhadap bacaan. Konsentrasi tinggi sangat dibutuhkan. Jadi biarpun membacanya cepat, kita tetap bisa memahami isi bacaannya.

Seperti apa latihannya?

Ada 14 tahapan pelajaran yang mesti kita ikuti untuk bisa lulus dalam kursus ini. Setiap pelajaran kita akan dilatih untuk memperluas rentang visual, belajar teori, melatih gerakan mata, dan tes akhir. Ada senam mata dan latihan-latihan kecil juga yang sangat membantu dalam belajar. Teks yang digunakan juga adalah wacana umum yang diambil dari situs-situs tertentu dan koran online. Menariknya kursus online ini, semua tutorialnya sudah lengkap. Kita tinggal mengikutinya saja. User friendly dan tidak akan membingungkan. Karena sifatnya progresif, kursus ini harus rutin kita ikuti. Cukup menyediakan waktu sekitar 60 menit setiap hari. Kalau sempat berhenti selama 2 hari, kita harus mengulangi pelajaran yang terakhir.

Saya biasanya memulai pelajaran saat anak saya sudah tidur di malam hari. Selama mengikuti kursus sebaiknya hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi diminimalisir atau ditiadakan. Cari tempat yang tenang, posisi yang nyaman, pencahayaan yang cukup, kalau perlu ditemani segelas teh atau kopi juga boleh🙂 Pernah, saya memulai kursus dalam kondisi tidak fit. Ngantuk karena capek seharian di kampus tapi saya paksakan juga. Hasilnya saya tidak lulus tes akhir di pelajaran hari itu dan mesti mengulanginya lagi besoknya.🙂

Daann….setelah mengikuti 14 pelajaran (selama 14 hari), saya lulus dengan pencapaian 620 kata per menit. Dapat sertifikat juga lho…Sertifikat ini bisa dipakai sebagai referensi dalam CV kita.

sertifikat

Tertarik untuk mencobanya? Kalau melihat di website-nya kursus lengkap harga pelajar itu Rp. 469,900,- dan kursus lengkap harga penuh Rp. 979,900,-. Kamu bisa juga mencobanya gratis. Nanti bisa ikut pelajaran 3 pelajaran pertama. Ohya, saya punya satu kupon diskon 50% untuk kursus membaca cepat di Legentas. Kalau ada yang berminat bisa hubungi saya ya…

Pstt… ternyata ada lanjutannya lagi di kursus ini. Doakan saya bisa menyelesaikan lanjutannya, dan saya akan mendapatkan satu kupon diskon 65 % dan kupon 100% gratis untuk kursus membaca cepat di Legentas yang akan saya bagikan di sini.

9 thoughts on “Belajar Membaca Efektif

  1. Kemajuannya pesat banget dari awal dan akhir. Kalau aku tergantung, kalau bukunya seru bisa baca cepat, selain itu minimalisir faktor penganggu ketika sedang baca, ini yang aku lakukan beberapa minggu ini karena benar-benar ingin fokus baca dan ngreview, puasa wa dan kurangi aktifitas sosmed, hehehehe.

  2. Pingback: [Giveaway] Menjadi Pembaca Terbaik Bersama Legentas |

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s