#363 Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm

284223_17d43120-bc8e-11e4-b8ee-7ec04908a8c2

Judul Buku : Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm

Penulis : Heru Agus Hendra & Agus Andoko

Halaman : 124

Penerbit : AgroMedia Pustaka

Akhir-akhir ini tren urban farming di perkotaan semakin berkembang. Masyarakat di kota ingin mencoba berkebun, selain karena hobi juga bisa membantu mengurangi pengeluaran rumah tangga. Sayangnya, keinginan itu kadang terhalang oleh keterbatasan lahan. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan bercocok tanam dengan metode hidroponik. 

Apa itu hidroponik? Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Teknologi ini muncul berdasarkan pemahaman bahwa tanaman hidup bukan karena tanah, tetapi karena unsur-unsur yang terdapat di dalam tanah. Perkembangan penelitian akhirnya menghasilkan berbagai larutan yang dapat memenuhi unsur hara tanaman. Keuntungan teknologi ini selain menghemat lahan, juga menekan serangan hama dan cendawan yang berasal dari tanah sehingga bisa menekan penggunaan pestisida.

Lantas bagaimana caranya memulai bercocok tanam dengan cara hidroponik? Buku ini menjelaskan semuanya dengan gamblang dan mudah dipahami oleh masyarakat awam. Gambar-gambar di dalamnya juga sangat membantu dalam memahami isi buku ini. Apalagi yang menulis buku ini adalah seorang praktisi hidroponik yang sudah berhasil. Di dalam buku ini selain menjelaskan jenis-jenis hidroponik, cara merakit instalasi hidroponik, membuat larutan nutrisi, merawat tanaman hidroponik dan mengatasi problem hidroponik, dijelaskan juga hitung-hitungan keuntungan jika mau memulai usaha hidroponik. Tidak heran sih… selain bisa untuk hobi, hidroponik bisa juga jadi lahan usaha. Bukan rahasia kalau sayuran hidroponik itu nilai jualnya tinggi.  Menurut penulis (yang dikenal dengan nama Paktani) peluang bisnis sayuran hidroponik di Indonesia masih terbuka lebar. Ohya, dari buku ini saya juga tahu kalau Paktani kadang jualan sayur hidroponiknya di event Solo Car Free Day setiap minggu pagi.

Mungkin ada yang berpikir kalau instalasi hidroponik itu mahal. Perlu pompa air, pipa-pipa, dan banyak peralatan lainnya. Well… saya juga sempat berpikir seperti itu. Tapi ternyata ada lho cara ber-hidroponik dengan memanfaatkan botol air minum kemasan bekas. Simpel, sederhana, bahkan anak kost-kostan kayak saya bisa langsung mempraktekkan. Saya sudah membayangkan kalau mau makan sayuran, tinggal buka pintu kamar trus metik sayuran di teras. Hehe…

4 stars

* diikutkan dalam Lucky No.15 Reading Challenge kategori Freebies Time

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s