Kencan Bersama Bookmate

1-9tMDWuY2nbUfSeYEMD8mwA

Semalam, seorang teman menghubungi saya via mention di twitter, mengabarkan kuis yang #BookMateMizan yang diadakan oleh @mizandotcom. Kuis itu mensyaratkan pesertanya untuk mengunduh aplikasi Bookmate di handphone, mengirimkan screen cap aplikasi yang sudah ter-install kepada penyelenggara kuis. Hadiahnya voucher berlangganan Bookmate selama 6 bulan. Langsung saja saya mengunduh aplikasi tersebut di Google Play dan memasangnya di smartphone saya. 

 

Bookmate ternyata adalah sebuah aplikasi yang menyediakan ribuan ebook di dalamnya. Di halaman muka pada saat aplikasi ini sudah terpasang di smartphone tertulis kalimat “Read wherever you want. No internet needed.” Makin penasaran dong saya… Saya memberanikan diri untuk login. Ternyata Bookmate bekerjasama dengan sebuah situs e-comerse milik Indosat bernama CIPIKA. Kalau registrasi menggunakan no hape Indosat ada promo gratis menggunakan Bookmate selama 1 bulan.  Ooh..ternyata aplikasi ini berbayar. Tapi saya masih penasaran, akhirnya saya login  pakai email saja. Ohya, loginya juga bisa menggunakan akun media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Setelah login saya langsung menjumpai beberapa buku terbitan Mizan. Beberapa penerbit lainnya yang ada dalam aplikasi ini antara lain Bentang Pustaka, Naura, Bestari, Trimuvi, dan Rosda. Ada beberapa judul buku berlabel Free, dan ada (lebih banyak) yang berlabel Standard. Saya menemukan buku Dilan karya Pidi Baiq dengan label Free. Langsung saja saya klik tombol READ, dan buku otomatis terunduh. Kalau dilihat dari jumlah pembaca yang hampir mendekati angka seribu itu, saya berpikir aplikasi ini sudah banyak anggotanya. Saya pun mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini.

Ternyata, aplikasi ini memang diluncurkan oleh Indosat pada bulan Agustus 2015. Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone, tablet, ataupun desktop. Dengan konsep “Bayar sekali, baca sepuasnya”, pengguna hanya perlu membayar paket langganan untuk satu bulan atau satu tahun untuk bebas mengakses koleksi buku sepuasnya. Tersedia paket Standard senilai Rp 49.000 / bulan dan paket Premium senilai Rp. 59.000/bulan. Bedanya pada paket Premium terdapat buku-buku bisnis dan bestseller. Pembayarannya bisa dilakukan dengan kartu kredit, debit, PayPal, Indosat Dompetku, hingga potong pulsa. Sebenarnya tanpa membeli paket juga masih bisa membaca buku-buku dengan label Free. Saya bahkan menemukan bukunya Paula Hawkins yang berjudul The Girl On The Train (bahasa Inggris) dengan label Free. Konon, literatur klasik juga gratis, tapi saya belum mencoba mencarinya.

Keunggulannya, ketika buku sudah terunduh maka buku bisa dibaca meskipun tidak ada koneksi internet. Hanya saja, saya menemukan kelemahan apliasi ini, kalau pembaca logout dari aplikasi ini, maka ketika login kembali arus mengunduh kembali buku yang sudah terunduh sebelumnya. Buku-buku itu akan tersimpan dalam rak-rak khusus yang bisa kita bikin sendiri. Jika buku yang sudah terunduh belum dibuka/dibaca maka buku akan tersimpan dalam tab Read Later.

Tampilan e-reader-nya di smartphone saya (Samsung Galaxy J2) juga lumayan. Ukuran hurufnya pas, tidak bikin mata semakin menyipit. Yang saya suka, ada fitur quote dimana akan langsung tersimpan pada tab quotes. Jadi tidak perlu capek-capek menyalin ulang. Bisa di-share  ke media sosial lainnya juga. Trus kalau misalnya kita mau keluar dari/menutup buku yang sedang dibaca (bukan logout), pada saat dibuka lagi otomatis langsung di halaman terakhir yang kita baca. Nilai plusnya, ketika saya berganti ke versi desktop, saya tidak perlu mengunduh ulang bukunya. Dan begitu dibuka, juga langsung ke halaman terakhir yang saya baca. Asyik kan?? Ohya, di aplikasi ini juga bisa saling follow dengan pengguna lainnya. Ada fitur Upload Book juga, hanya saya belum mencari informasinya lebih lanjut.

Meskipun berbayar, saya rasa layanan yang diberikan melalui aplikasi ini termasuk murah. Bayangkan saja, hanya dengan membayar kurang dari Rp. 50.000 sebulan, pembaca sudah bisa membaca ratusan judul, legal pula. Hemat banget kan? Saya sih berharap ke depannya akan lebih banyak penerbit yang ikut bergabung dalam aplikasi Bookmate ini.

Kabar gembiranya saya temukan tadi siang. Ternyata saya terpilih menjadi salah satu penerima voucher 6 bulan berlangganan Bookmate dari @mizandotcom. YAY!!! Senangnyaaa!! Selama enam bulan ke depan, saya punya teman kencan baru bernama Bookmate. Terima kasih @mizandotcom.

Disclaimer: ini bukan postingan berbayar ya… saya hanya mau berbagi informasi untuk mendapatkan akses buku yang mudah dan murah.  :)

One thought on “Kencan Bersama Bookmate

  1. Wah.. sekarang udah mulai rame ya dunia per-buku digital-an. Sayangnya aku masih sayang sih kalo baca di HP. batere cepet abis. hahaha.. Mungkin nanti2.

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s