#455 The Espressologist

31442623

Judul Buku : The Espressologist

Penulis : Kristina Springer

Halaman : 304

Penerbit : Noura Books

Jane Turner bekerja sebagai seorang barista di sebuah kedai kopi Wired Joe’s. Dari pengalamannya meracik berbagai macam kopi pesanan pelanggan, dia mulai membuat coret-coretan tentang kopi favorit dan sifat pelanggannya. Ketika seorang pelanggan memasuki toko, Jane bisa menebak jenis kopi yang akan dibeli oleh pelanggan tersebut. 

Kemampuan Jane tidak berhenti di situ. Dia mulai menjodohkan pelanggannya dilihat dari kopi favorit mereka. Pasangan pertama yang berhasil dicomblangi-nya adalah Gavin dan Simone. Keduanya seperti saling menemukan jodoh, dan bisa jatuh cinta dengan cepat. Jane kemudian mencoba lagi keberuntungannya dengan menjodohkan orang lain, dan sekal lagi berhasil. Ketika manager-nya mengetahui apa yang dilakukan oleh Jane, dia pun memutuskan menjadikan bakat Jane sebagai Espressologist sebagai daya tarik kedai kopi mereka.

Menarik sekali membaca berbagai karakter yang bisa tersirat lewat ramuan kopi. Berbagai macam ramuan kopi berikut penjelasan isinya membuat saya jadi penasaran dengan rasa kopi-kopi itu. Saya sendiri peminum kopi, walaupun hanya kopi instan dalam kemasan sachet. Kira-kira sang Espressologist bisa tidak membaca karakter saya?😀

Karakter Jane sendiri cukup unik, meski tidak istimewa di mata saya. Masa lalu Jane yang selalu menerima bullying dari temannya membuat Jane nyaris merasa rendah diri. Tetapi ada perubahan ketika Jane menyadari bahwa masa lalu tidak bisa menentukan masa depannya. Ketika dia bertemu kembali dengan teman-temannya yang pernah mem-bully dirinya (yang kebetulan juga menjadi pelanggan di kedai itu), dia memberanikan dirinya menghadapi mereka. Sebenarnya dalam diri Jane ada jiwa pemberani. Buktinya dia sanggup mengajukan dirinya sebagai asisten manager di kedai itu. Dan kesetiakawanan Jane patut diacungi jempol. Kalau ditanya karakter favorit saya dalam novel ini, dia adalah Cam. Sayangnya porsi Cam hanya sedikit meskipun dia memegang peranan penting juga dalam novel ini.

Di akhir novel ini ada beberapa resep kopi yang dibagikan oleh penulis. Kalau kamu mau mencoba berbagai rasa kopi dengan nama unik, silahkan membaca habis novel ini.

3 stars

3 thoughts on “#455 The Espressologist

  1. Novel yang mengambil tema Kopi sudah terlalu banyak. Yang unggul di novel ini mungkin Espressologist-nya? Hal seru apa yang ditawarkan sepanjang novel ini?

    • Seru-nya karena Jane mencoba untuk menjodohkan beberapa pelanggan hanya berdasarkan kopi favorit mereka. Espressologist itu istilah yang dibuat Jane utk menggambarkan kemampuan seorang barista yg punya naluri kuat untuk menganalisis kepribadian mereka dari kopi favorit td

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s