#460 By the Time You Read This, I’ll Be Dead

25477403

Judul Buku : By the Time You Read This, I’ll Be Dead

Penulis : Julie Anne Peters

Halaman : 332

Penerbit : Noura Books

Daelyn mengalami bullying seumur hidupnya, sehingga dia mencoba untuk bunuh diri. Sayangnya percobaan bunuh dirinya gagal, dan dia berakhir dengan hidup bersama penyangga leher dan pita suara yang rusak. Orang tua-nya berusaha mendampingi dia, tapi bagi Daelyn usaha mereka sia-sia saja. 

Daelyn kemudian menemukan situs Menembus Cahaya. Situs yang berupa semacam jurnal bagi orang-orang yang ingin mengakhiri hidupnya. Umumnya pengguna situs ini juga mengalami bullying dengan berbagai hal dan peristiwa yang membuat mereka ingin mengakhiri hidup. 23 hari adalah waktu yang dipilih oleh Daelyn menuju “cahaya”.

Berikutnya ada Santana, cowok aneh yang berusaha mengajaknya berbicara. Daelyn berusaha menghindari Santana, tapi yang ada cowok itu semakin mendekat. Bahkan dia meminjamkan laptopnya untuk Daelyn.

Gosh… saya benar-benar depresi membaca buku ini. Dari awal sampai akhir saya merasa terjebak dalam pemikiran Daelyn yang ingin bunuh diri. Saya rasa hampir setiap orang pernah mengalami bullying, entah itu skalanya berat atau ringan. Hanya saja, tidak semua orang bisa beranjak dari peristiwa itu. Daelyn adalah contoh orang yang jatuh terpuruk dalam kasus bullying sehingga dia merasa hidupnya tidak lagi berharga. Saya kesel sama reaksi Daelyn terhadap kedua orang tuanya ataupun Santana yang sudah berbaik hati padanya. Tapi bisa jadi Daelyn memang “tidak bisa mau kembali” lagi.

Membaca buku ini menyadarkan saya bahwa efek dari sebuah perkataan bisa menjadi pisau tajam yang menghabisi harapan hidup seseorang. Jagalah mulutmu yang kecil, jangan sampai menjadi pisau pembunuh. Ohya, satu lagi…membaca buku ini harus dengan pikiran terbuka ya…soalnya di dalam ada berbagai petunjuk cara bunuh diri dan keefektifannya. Sadis.

2 stars

Ikut Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s